BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Do'a dan Renungan

    

Oleh Dian Nugraha Cevest

Do'aku Hari Ini

“Ya Allah.. semoga dengan bertambahnya usia membuatku makin bersyukur padamu atas limpahan nikmat, karunia, dan kasih sayangmu.

Makin bersyukur atas limpahan cinta dan doa dari orang orang yang terkasih disekelilingku, ibunda tercinta, keluarga, sahabat, dan semua yang terkasih yang menemani hari-hariku sedemikian indah.

Semoga bertambahnya usia membuatku makin bijak dalam memandang kehidupan, semakin menyadari akan kekurangan dan keterbatasanku.

Terimakasih atas hidup yang telah kau berikan, atas keluarga yang membuatku tertawa bahagia namun kadang juga membuatku menitikkan air mata.

Terimakasih ya Allah atas semua kebahagiaan dan kesedihan yang kau hadirkan yang membuatku semakin kuat menjalani kehidupan.

Ya rabbi, aku mohon kepadamu nikmat yang sempurna, perlindungan yang terus‐menerus, kesehatan yang prima, hidup yang bahagia, umur yang memberikan manfaat, kenikmatan yang lengkap, anugerah yang luas, dan kelembutan yang menenangkan hati.

lunakkan hati ini untuk senantiasa bersyukur, Arrahman.. "fabiayyi ala irobbikuma Tukazziban..”


Renunganku Hari Ini

Beberapa orang di dunia ini dilahirkan dalam keadaan utuh, tapi kemudian menyesali kehidupannya. Dan beberapa orang lainnya sekalipun dilahirkan tanpa tangan dan kaki, menikmati kehidupannya sehari-hari.

Ternyata kondisi fisik yang kurang sempurna tidak ada hubungannya dengan kebahagiaan. lagi lagi rasa syukurlah yang membuat kita bahagia.

kita tidak akan pernah bisa belajar menjadi berani dan sabar jika hanya ada sukacita di dunia ini. Pun air mata seperti hujan yang menggemburkan tanah supaya kita bisa tumbuh ke arah yang berlainan.

Ingatlah bahwa menjadi penting itu baik tetapi menjadi baik itu jauh lebih penting dari sekedar menjadi penting. Esensi hidup kita adalah Human Being, menjadi diri sendiri apa adanya, menjalani pertumbuhan, perkembangan, dan perjalanan menuju Tuhan.

Semua yang dikatakan orang mengenai kita tidak penting. Hal yang paling penting adalah apa yang dikatakan Tuhan dan apa yang kita katakan mengenai diri kita sendiri.

Hidup ini dimulai dari sebuah persepsi, guru mengajarkan lalu menguji, sedangkan pengalaman menguji dulu baru mengajarkan.

Hidup juga sebuah pembelajaran, long life education. Sebuah masalah boleh jadi merupakan ungkapan kasih sayang Tuhan yang amat dalam kepada kita. Melalui masalah tuhan menunjukkan dirinya, mengajak kita berkomunikasi. Melalui masalah tuhan membantu kita menyibakkan tirai-tirai yang kita buat sendiri.

Kadang tuhan tidak memberi apa yang kita harapkan, tapi memberi apa yang kita perlukan sebab jauh di atas segalanya, Tuhan sedang merencanakan yang terindah buat kita.

Apapun masalahnya cobalah untuk tetap tersenyum. Karena hanya senyumlah yang dibutuhkan untuk mengubah hari gelap menjadi terang. Hanya senyum yang bisa membuat hati yang sempit menjadi lapang.

Perkembangan hidup kita itu seperti naik tangga, ada satu saat ketika salah satu kaki meninggalkan anak tangga yang bawah, kaki melayang sejenak di udara, atau terpeleset dan jatuh. Itu resiko, tetapi kalau takut menghadapi resiko, kita tidak akan pernah beranjak dari anak tangga terbawah.

Rasa lapar mendorong kita bereksplorasi, dan adanya depresi mengajari kita tentang nilai sebenarnya dari sebuah pekerjaan. Segala sesuatu yang kita peroleh dengan terlalu mudah pasti kurang kita hargai, hanya harga yang mahallah yang memberi nilai kepada segalanya.

Tuhan tahu bagaimana memasang harga yang tepat pada barang-barangnya. Sebuah bencana menimpa bukan karena Tuhan sedang marah, tetapi justru karena kasih sayangnya yang tak terhingga untuk membimbing kita menjadi baik.

Kebahagiaan selalu tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidup mereka.

Ingatlah diri kita tidak pernah sendirian, di manapun kita berada, kemanapun kita pergi, tuhan selalu bersama kita. Ia melihat, mendengar, dan membantu kita, bahkan dalam diri kitapun ia menitipkan sifat-sifatnya yang mulia.

Dia senantiasa memperhatikan kita, membimbing kita untuk menjadi baik. Dialah Yang Maha Besar, Yang Maha Agung, Yang Maha Kasih. Dialah Yang Maha Penyayang, yang kehadirannya sangat kita rindukan. Dialah yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Dialah yang membuat kita mampu menikmati kesendirian tanpa harus merasa kesepian.

Lalu mengapa kita bersedih dengan apa yang luput dari kita, sehingga menangisi air yang telah tumpah, padahal air tumpahpun telah digariskan oleh yang atas di lauful mahfudz. Ketika sehelai daunpun jatuh di lauful mahfudz telah tercatat dalam KetetapanNya, maka apalah lagi keunikan dan keeksentrikan seseorang yang menggambarkan potensi akal, hati dan nafsunya.

Lalu kembalilah ke jalannya dengan bersusah payah atau lapang, ikuti alurnya dan berjalanlah dalam ridhonya.

Ingatlah tawakal itu adalah memperteguh kepercayaan kepada Allah tentang apa saja yang telah dijanjikannya. Bagian yang telah ditakdirkan untukmu, pasti akan sampai kepadamu. Apa yang menimpamu pasti akan terjadi, meski kamu berusaha menghindarinya. Perkara yang ditakdirkan bukan untukmu, pasti tidak akan sampai kepadamu, meskipun seluruh makhluk membantumu untuk mewujudkan hal itu.

Maka belajarlah menerima ketetapan Allah yang tidak bisa engkau ubah, dan berusaha maksimallah terhadap ketetapan Allah yang bisa engkau ubah dan serahkan sisanya kepada rabbmu, lalu berjalanlah di muka bumi dengan kepala tegak, maka yang di langit akan mencintaimu, dan dibumi akan menghormatimu.

Ingatlah bahwa hidup ini sudah ada yang mengatur, bekerja keraslah tapi jangan melanggar kehendak Tuhan. seperti air dalam sumur yang setiap hari kita timba, toh airnya tidak pernah kering. tapi sebaliknya jika kita tidak mengambilnya, toh airnya tidak tumpah juga.

Ketika tawakal, ikhlas, sabar, qanaah telah sampai pada puncaknya, apakah seorang hamba masih membutuhkan makhluk untuk memenuhi kebutuhannya, padahal seekor burungpun telah dijamin rejekinya oleh rabbul alamin.

Lalu mengapa engkau bersedih dengan ketetapan rabbmu yang menjadikan engkau tidak sesempurna harapanmu. Ketahuilah, engkau sempurna sebagai manusia dalam fikiranmu, maka engkau akan sempurna dalam pandangan tuhan.

Lalu apalagi yang engkau keluhkan tentang dunia, ketika jaminan rabbmu telah pasti ketika kamu mengikhlaskan semuanya. sehingga kloplah ayat pembuka kunci-kunci rezki dan ilmu. Arrahman.. Fabiayyi ala i robbikuma Tukazziban. “Maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang harus aku dustakan."

Sebab jauh di atas segalanya, Tuhan sedang merencanakan yang terindah. Tuhan selalu menunjukkan kehadirannya dalam peristiwa-peristiwa yang biasa, dengan cara-cara yang biasa, dan melalui orang-orang yang biasa pula.

Bersabarlah tapi jangan mengurut dada. Semua ada alurnya, semoga indah pada waktunya.

Ya Allah, Umat-Mu yang membaca ini adalah hamba-MU yang shaleh, yang tegar dan kuat serta sabar. Sayangilah dia serta kasihilah dia, sehatkan badannya. Jika dia melangkah, selamatkanlah dia, mudahkan langkahnya. Amin.

Bandung, 12 September 2012

Dian Nugraha Cevest
Facebook : http://www.facebook.com/diannugraha87
Twitter : @be_better_self
Website : http://nugraha-cevest.info


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke “Do'a dan Renungan
ANTI DI MANADO mengatakan...

Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link


















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link
















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link


















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link



















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link



















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link

















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link

Unknown on Kamis, 11 Oktober 2012 pukul 16.27.00 WIB mengatakan...

thans infonya
saling berbagi

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial